Cara Mudah bikin Billing Pajak tanpa E-fin dan ke Kantor Pajak

Saat ini direktorat jenderal pajak sudah menyediakan layanan pembuatan billing untuk mempermudah Wajib Pajak (WP) dalam membayar pajak. Layanan ini memungkinkan WP membuat sendiri billing DJP dari rumah atau kantor. Syaratnya cukup memiliki email dan koneksi internet saja. Normalnya pendaftaran akun billing membutuhkan efin yang dibuat di Kantor Pelayan Pajak (KPP), namun saat ini DJP sudah menyediakan sarana untuk mendaftarkan akun billing secara mandiri tanpa harus memiliki efin atau datang ke KPP.

Cara Membuat Akun Billing Pajak Sendiri

Alamat akun billing Pajak adalah https://sse3.pajak.go.id/. Lakukan Pendaftaran dengan cara pilih tombol "belum punya akun ?"
Masukkan NPWP, Nama (Otomatis terisi setelah memasukkan NPWP), alamat Email, PIN (terdiri dari 6 angka), Kode Keamanan (Salin tulisan yang berwarna merah).
Silahkan buka Email Anda dan klik link aktivasi yang sudah dikirimkan oleh DJP.

Apabila aktivasi sudah berhasil. Silahkan login dengan memasukkan npwp, pin yang sudah anda buat dilanjutkan dengan memasukkan kode keamanan lalu klik login.
Tampilan awal dari sse 3 adalah seperti gambar dibawah. Klik "Isi SSE"



  1. Pilih jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak, dan jumlah setoran (terbilang akan terisi secara otomatis)
  2. Uraian diisi bila diperlukan (kosongkan saja)
  3. Pilih Simpan lalu tekan "Ya" pada notifikasi kebenaran data.


Anda akan masuk ke halaman untuk mengecek kembali billing yang sudah dibuat. Apabila ada data yang salah, silahkan klik Ubah SSP. Jika semua data sudah terisi dengan benar, silahkan Klik "Kode Billing" dan Klik Ok pada konfirmasi selanjutnya.
Billing berhasil dibuat. Kode billing adalah 15 digit angka yang digunakan untuk melakukan pembayaran pajak.
Silahkan Klik tombol Cetak untuk mendapatkan file PDF yang bisa kita cetak dan diserahkan ke Bank/Kantor Pos untuk melakukan pembayaran pajak. 

Cara Mudah bikin Billing Pajak tanpa E-fin dan ke Kantor Pajak