Cara Mudah Melakukan Pembayaran Pajak Online Tanpa Harus Datang Langsung ke Bank

Banyak diantara rekan pajak yang merasa kesulitan ketika akan melakukan pembayaran pajak sehingga menunda pembayaran dan dapat berakibat terkena denda. Namun saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah melakukan terobosan dengan menyediakan saran pembayaran pajak secara online tanpa harus antri di bank atau tempat pembayaran yang ditunjuk.

Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online

Ada beberapa cara yang bisa rekan lakukan untuk melakukan pembayaran pajak secara online

 Melalui Penyedia Jasa Aplikasi Atau Application Service Provider (ASP)

Penyedia Jasa Aplikasi Atau Application Service Provider (ASP) adalah Perusahaan penyedia jasa aplikasi perpajakan yang telah mendapat persetujuan dari Direktor Jenderal Pajak. Layanannya berupa pelaporan pajak secara online (efiling) dan melakukan pembayaran pajak secara online. Salah satu yang terkenal adalah online-pajak.com

Menggunakan Internet Banking Mandiri

Sebelum melakukan pembayaran pajak secara online, rekan harus memiliki kode billing terlebih dahulu. Kode Billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui Sistem Billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan Wajib Pajak (Pasal 1 PER 26 Tahun 2014). Untuk tutorial membuat kode billing bisa dilihat melalui link berikut ini.




Cara kerja membayar pajak secara online ini dimulai dengan membuat billing atau tagihan pajak secara mandiri oleh wajib pajak. Untuk membuat billing ini wajib pajak harus membuat akun online billing terlebih dahulu. Setiap kali kita membuat billing, kita akan mendapat nomor ID tagihan yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran pajak secara online via Internet Banking Bank Mandiri. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran melalui website internet banking mandiri

  • Buka akun internet banking mandiri rekan di www.bankmandiri.co.id menggunakan browser kesayangan rekan
  • Pilih menu “Bayar” pada sisi sebelah kiri dan akan muncul pilihan menu baru
  • Pilih “Penerimaan Negara”
  • Pilih menu “Pajak/PNBP/Cukai”
  • Masukkan kode billing yang sudah rekan buat pada kolom tersebut
  • Klik “Lanjutkan”
Menu Pembayaran Pajak Online Internet Banking Mandiri
Menu Pembayaran Pajak Online Internet Banking Mandiri

  • Layar akan menunjukkan resume pembayaran rekan. Pastikan semua data sudah terisidengan benar
  • Centang kolom seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Maka otomatis jumlah pembayaran pajak anda akan muncul di kolom yang tersedia.
Konfirmasi Pembayaran Pajak

  • Klik “Lanjutkan”
  • Masukkan PIN Mandiri dari Token Mandiri Rekan.
  • Klik tombol “Kirim”
  • Apabila pembayaran sukses maka akan muncul tampilan informasi pembayaran pajak yang didalamnya juga terdapat NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) yang merupakan nomor bukti transaksi penerimaan yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara (MPN). Bukti penerimaan ini dicetak dan merupakan bukti pembayaran pajak yang sah.

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Pajak Online Tanpa Harus Datang Langsung ke Bank