Download Formulir SPT Tahunan 1770 S Lengkap Dengan Rumus PTKP 2016


Perubahan nilai Penghasilan Tidak Kena Pajak terakhir adalah pada tahun 2016 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK.010/2016. Sampai saat ini belum ada aturan yang merubah tentang nilai PTKP tersebut. Untuk memudahkan Wajib Pajak dalam melakukan pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi Sederhana (1770 S), Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan Formulir SPT Tahunan 1770 S dalam bentuk file PDF yang telah dilengkapi dengan rumus perhitungan pajak.

File PDF ini terdiri dari 2 bahasa, yaitu Bahas Inggris dan Bahasa Indonesia. Bagi rekan yang ingin menyampaikan dalam Bahasa Indonesia, langsung saja menuju halaman 7 pada formulir yang bisa didownload melalui link dibawah ini

Petunjuk Pengisian

  1. Cetak Formulir ini dengan skala 98% (Jangan lakukan print dengan mode "fit size" atau "shrink size"). 
  2. Formulir yang sudah dicetak dibubuhkan tanda tangan dan kertasnya tidak boleh dilipat atau kusut. Gunakan kertas HVS dengan ukuran F4 dan berat kertas minimal 70 gr.
  3. Gunakan Aplikasi Adobe versi 8 atau lebih tinggi untuk hasil yang optimal
  4. Isi Taun Pajak, NPWP,  dan informasi yang diminta pada formullir Induk. Penjelasan dari status Kewajiban Perpajakan suami istri adalah
    • KK : Kewajiban Pajak menjadi tanggung jawab kepala keluarga
    • HB : Pasangan yang hidup berpisah berdasakan keputusan pengadilan
    • PH : Pasangan suami isteri yang melakukan perjanjian pisah harta penghasilan berdasarkan surat perjanjian yang disepakatai oleh keduanya
    • MT : Atas permintaan isteri untuk melakukan kewajiban pajak secara terpisah
  5. Isi terlebih dahulu lampiran I dan II sehingga ketika mengisi formulir induk rekan tidak perlu melakukan penghitungan ulang pajak terutang
  6. <AUTO> menunjukkan bahwa perhitungan pada kolom tersebut dilakukan secara otomatis. Ada kalanya hasil perhitungannya terlambat, untuk memastikan proses tersebut sudah berlajan dengan baik, arahkan kursor ke kolom yang mau dicek, tekan DELETE lalu tekan ENTER. Namun, Wajib Pajak disarankan untuk melakukan cek ulang atas penghitungan yang dilakukan secara otomatis.
  7. Setelah semua lampiran sudah diisi, lakukan pengisian pada kolom yang diisi manual. Jangan lupa untuk mencentang penghasilan tidak kena pajak sesuai dengan status pernikahan.
  8. Tombol SHOW berfungsi untuk menampilkan hasil perhitungan pajak untuk menyelesaikan pengisian formulir 1770 S
  9. Tombol RESET berfungsi untuk menghapus semua data kredit pajak yang sudah terisi otomatis sebelemnya. Sebaiknya lakukan save as dan rubah nama file terlebih dahulu sebelum di print.
  10. Tombol HIDE berfungsi untuk menyembunyikan hasil perhitungan rumus sehingga bisa di print dalam bentuk blanko kosong. Hal ini berguna jika rekan ingin menyelesaikan pengisian SPT secara manual.



Download Formulir SPT Tahunan 1770 S Lengkap Dengan Rumus PTKP 2016
  1. formulirnya kok berbahasan inggris sihhh... !!!

    BalasHapus