Solusi Error Efaktur Etax-40001 Tidak Dapat Menghubungi E-Taxinvoice Server

Salah satu jenis kendala / error ketika melakukan upload efaktur adalah error dengan kode ETAX-4001 Tidak Dapat Menghubungi E-Taxinvoice Server. Penyebab utama dari permasalahan ini adalah terganggungnya koneksi antara client efaktur pada komputer Wajib Pajak dengan server Efaktur. Penyebabnya beragam, bisa karena di block oleh antivirus atau koneksi internet yang sedang bermasalah

Solusi Error Efaktur Etax-40001 Tidak Dapat Menghubungi E-Taxinvoice Server


Ganti Tipe Network Koneksi Internet

Tips ini kami dapatkan dari rekan Teu Boga Dapur pada kolom komentar. Jadi secara default, firewall aplikasi efaktur akan memblokir koneksi ketika menggunakan koneksi internet dengan tipe "publik network". Untuk itu kita perlu merubahnya menjadi "home network" atau "work network". Caranya adalah dengan membukan panel network yang berlokasi di: Control Panel\All Control Panel Items\Network and Sharing Center. Setelah masuk, klik jenis network untuk merubahnya.


Beri Pengecualian pada Firewall dan Antivirus untuk Aplikasi Etaxinvoice.exe
Penyebab yang paling sering terjadi terhadap masalah ini adalah karena firewall windows atau antivirus yang anda gunakan memblok program etaxinvoice.exe atau efaktur. Untuk tetap mendapatkan proteksi yang maksimal dari antivirus dan firewall, rekan bisa menambahkan pengecualian pada firewall dan antivirus untuk aplikasi efaktur.

Cara Menambah Pengecualian Efaktur pada Windows Firewall

  • Buka Firewall dari Control Panel > Windows Firewall
  • Pilih "Allow a program or feature through Windows Firewall"
  • Pilih change settings lalu pilih Allow Another Program

  • Pilih browse lalu masuk ke folder dimana rekan menyimpan program efaktur. Pilih Etaxinvoice lalu klik Open



  • Langkah menambah pengecualian sudah sukses. Sekarang silahkan dicoba untuk menjalankan ulang uploader efaktur. Untuk menambah pengecualian pada antivirus silahkah lihat petunjuk sesuai dengan antivirus yang rekan gunakan.

Cek Setingan proxy
Biasanya kantor menyediakan koneksi internet tidak secara langsung tetapi dengan menggunakan proxy. Setting proxy bisa diakifkan melalui menu "Referensi" > "Setting Aplikasi". Berlaku juga untuk sebaliknya, ketika rekan sedang menggunakan koneksi internet tanpa proxy (direct connection) segera matikan settingan proxy untuk kelancaran penggunaan aplikasi.

Gunakan Safe Mode
Ada pengalaman rekan kami yang komputernya sudah terinfeksi malware dan virus yang sangat bandel. Semua cara diatas sudah dicoba dan tidak ada yang berhasil. Akhirnya kami mencoba untuk menjalankan aplikasi melalui fitur Safe Mode pada windows dan ternyata berhasil. Solusi sementara ini cukup efektif dilakukan dan sebaiknya rekan konsultasikan dengan teknisi komputer untuk diperbaiki demi kelancara penggunaan aplikasi kedepannya.


Demikianlah beberapa cara mengatasi error Efaktur Etax-40001 Tidak Dapat Menghubungi E-Taxinvoice Server. Semoga rekan-rekan juga sukses mengatasi permasalah tersebut.

Solusi Error Efaktur Etax-40001 Tidak Dapat Menghubungi E-Taxinvoice Server
  1. Sekedar tambahan, firewall default dari aplikasi pajak itu memblok koneksi apabila windows menggunakan Public Connection , coba rubah ke Work atau Home.

    Semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih banyak rekan. Kami izin menambahkan solusi tersebut ke dalam artikel ya :)

      Hapus