-->

Solusi Error Reject Efaktur ETAX-API-00003 Ketika Melakukan Upload Faktur

Ada banyak penyebab terjadinya reject faktur ketika di upload melalui aplikasi efaktur. Salah satu yang dialami oleh Rekan Wajib Pajak adalah reject faktur dengan kode ETAX-API-00003 dengan keterangan Nomor Seri Pajak Bukan Jatah Penjual.

Solusi Mengatasi ETAX-API-00003
ETAX-API-00003

Penyebab Reject Efaktur ETAX-API-00003

Berdasarkan keterangan yang didapat dari daftar kode Error Efaktur ETAX-API-00003 disebutkan bahwa penyebannya adalah karena Wajib Pajak memasukkan tanggal faktur sebelum tanggal permintaan nomor faktur.

Solusi Reject Efaktur ETAX-API-00003

Cek apakah nomor faktur yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan range nomor yang diminta melalui website efaktur (enofa). Jika rekan sudah yakin dengan nomor yang dimasukkan, cek apakah tanggal faktur yang dibuat setelah tanggal permintaan faktur. Solusinya adalah dengan cara kembali ke faktur yang direject lalu merubah tanggal faktur menjadi sama atau setelah tanggal permintaan nomor faktur.

Saran Mencegah Terjadinya ETAX-API-00003

  • Lakukan permintaan nomor faktur sebelum melakukan transaksi penjualan
  • Lakukan permintaan nomor faktur diawal tahun
  • Lebihkan sedikit nomor dengan jumlah transaksi yang akan dilakukan untuk cadangan apabila terjadi kesalah pembuatan dan nomor faktur harus dihapus

Solusi Error Reject Efaktur ETAX-API-00003 Ketika Melakukan Upload Faktur
  1. "Lakukan permintaan nomor faktur diawal tahun"

    Harusnya petugas pajak mengingatkan PKP dari awal, jadi kami yang meminta NSFP di bulan 2 tidak kesulitan karena kami tidak tau kalo tinggal NSFP tidak bisa berlaku surut.

    BalasHapus
  2. Kalau cuma ganti tanggal sih ga masalah, masalahnya apakah saya harus ganti bulan

    BalasHapus
  3. Adakah solusi untuk etax 0003 ??
    Karna saya cetak nsfp di bulan ke 2 jdi faktur kluaran yg di bulan pertama tidak bisa saya cetak .. Bagaimana agar saya bisa cetak faktur untuk masa yg tertingal ? Untuk yg peham tlong bimbingannya.. 🙏 trimakasih

    BalasHapus