Kode dan Penjelasan Tentang Jenis-Jenis SPT Tahunan

Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. SPT memiliki berbagai jenis dan waktu pelaporannya. Berikut adalah Kode dan Jenis-jenis SPT Tahunan beserta penjelasannya

Kode dan Penjelasan Tentang Jenis-Jenis SPT Tahunan

1. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770

Sesuai dengan namanya, SPT Tahunan ini diperuntukkan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi. Wajib Pajak yang pelaporan pajaknya menggunakan formulir 1770 ini adalah Wajib Pajak yang memiliki Usaha atau Pekerjaan Bebas, dari satu atau lebih pemberi kerja yang dikenakan Pajak Penghasilan Final dan/atau bersifat Final, dan/atau dalam negeri lainnya /luar negeri.

2. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 S

SPT ini digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto lebih dari Rp.60.000.000,- (Enam puluh juta rupiah) dalam 1 tahun pajak.

3. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 SS

Formulir SPT 1770 SS ini memiliki isian yang sangat sederhana sekali jika dibandingkan dengan 2 Formulir SPT Sebelumnya. Wajib Pajak yang bisa menggunakan formulir ini adalah wajib pajak yang memliki penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dalam setahun sampai dengan Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah).

4. SPT Tahunan PPh Badan 1771

Formulir SPT 1771 adalah yang digunakan oleh Wajib Pajak Badan untuk mengisi laporan Pajak tahunannya. Untuk Wajib Pajak Badan Jenis SPT Tahunannya hanya ada 2 yaitu SPT 1771 dan SPT 1771/$. Bedanya hanya dalam pengisian mata uang, untuk SPT 117/$ diisi dengan mata uang Dolar Amerika. Namun Wajib Pajak tersebut harus mendapatkan izin terlebih dahulu untuk melaksanakan pembukuan dalam mata uang dolar.

Kode dan Penjelasan Tentang Jenis-Jenis SPT Tahunan