Cara Menyimpan ESPT Tahunan Badan dalam bentuk File

Penggunaan ESPT Badan bisa mempermudah rekan Wajib Pajak dalam mengisi SPT Tahunan. Hal tersebut karena dengan kemampuan aplikasi menyimpan dan menghitung sendiri PPh terutang. Ditambah lagi dengan kemampuan mencetak SPT Tahunan secara langsung melalui aplikasi. Namun terkadang ada beberapa rekan yang mengerjakan pengisian ESPT tahunan di perangkat yang tidak memiliki sambungan printer dan harus memindahkan file SPT ke komputer lain untuk mencetaknya. Namun sayangnya secara default aplikasi ESPT Tahunan Badan ini tidak dilengkapi dengan fitur cetak ke file pdf atau semacamnya. Untuk itu, berikut kami coba berikan beberapa solusi tentang Cara Menyimpan ESPT Tahunan Badan dalam bentuk File.

Cara Menyimpan ESPT Tahunan Badan dalam bentuk File

Cara #1 Install Program PDF Writer

Untuk windows 10 terbaru, program save to pdf sudah menjadi bawaan secara default. Jadi tidak perlu install program pdf writer.

Microsoft Print to PDF

Bagi rekan yang belum memiliki program pdf writer ini, rekan bisa mendownload salah satu dari banyak program pdf writer gratisan yang tersedia. Salah satu yang cukup populer adalah cutepdf. 

Cara #2 Menggunakan XPS Document Writer

XPS merupakan singkatan dari XML Paper Specification sebuah format dokumen baru yang pada bulan Juni 2009 telah diakui dan resmi menjadi Open Standard. Yang berarti, XPS akan menjadi standar umum dan diakui secara internasional, sehingga akan dapa digunakan oleh banyak pengembang aplikasi komputer dan juga pengguna-nya.

XPS writer ini sudah secara default menjadi program bawaan dari produk Sistem Operasi Windows. Jadi bagi rekan yang tidak memiliki pdf writer bisa menggunakan XPS writer ini sebagai alternatif yang praktis.

Caranya sama dengan print to pdf, ketika print, pilih printernya menjadi XPS document writer.


Setelah memilih printer, jangan lupa setting preference (pengaturan kertas menjadi folio) supaya hasil printnya tidak ada yang terpotong-potong

Cara Menyimpan ESPT Tahunan Badan dalam bentuk File