Solusi CSV dan Database ESPT Badan Kosong atau Tidak Terbaca Ketika Di Export

Saat ini sudah banyak Wajib Pajak Badan yang sudah harus membuat SPT Tahunannya menggunakan E-SPT. Untuk melaporkannya rekan Wajib Pajak perlu membuat file "CSV" dari aplikasi tersebut dan menyerahkannya ke KPP terdaftar beserta dengan hardcopy SPT Tahunan yang telah dicetak, ditandatangi dan diberi cap perusahaan. Namun ada beberapa rekan Kami yang file CSVnya gagal dibaca oleh sistem ketika dilaporkan ke KPP. Begitu pula setelah file databasenya dicopy ke komputer yang lain dan ketika dibuka SPT tahunan yang telah dibuat hilang. Hal tersebut tentu saja dapat menimbulkan kepanikan apalagi data yang diinput sudah banyak.

Penyebab CSV dan Database ESPT Badan Tidak Terbaca

Sistem Operasi Windows memiliki fitur User Account Control (UAC) yang memungkinkan aplikasi dijalankan secara terbatas walaupun oleh user administrator sekalipun. Jadi bagi komputer / laptop yang fitur UACnya cukup ketat membuat aplikasi tidak bisa leluasa mengakses lokasi file di program files. Sehingga file database yang kita buat akan ditulis didalam virtualstore.

Solusi CSV dan Database ESPT Badan Kosong atau Tidak Terbaca Ketika Di Export

Cara #1 Atur Setting User Account Control (UAC)

Untuk Windows7 atau Windows Vista, sebelum melakukan proses install sebaiknya diubah terlebih dahulu setting User Account Controlnya (agar database tidak tersimpan di virtual store). Caranya:
  • pilih control panel;
  • pilih User Accounts;
  • pilih Change User Account Control Settings;
  • Geser ke never notify lalu klik OK.

Cara #2 Run As Administrator

Bagi sebagian komputer cara seperti ini bisa berhasil. Namun SPT yang sebelumnya telah dibuat menjadi hilang. Hal ini disebabkan SPT yang telah dibuat sebelumnya ada di virtualstore. 

Cara #3 Memindahkan File Database di Virtualstore

Bagi rekan yang isian SPTnya tidak banyak, sebaiknya lakukan instalasi ulang dengan menggunakan cara nomor 1 diatas. Namun bagi rekan yang sudah terlanjur mengisi SPT dengan data yang banyak, rekan bisa memindahkan database yang ada di virtual store untuk diakses dari komputer lain atau dikomputer yang sama dan Aplikasi espt sudah diinstall ulang dengan settingan UAC seperti pada nomor 2.

Lokasi VirtualStore

Lokasi defaultnya adalah C:\Users\Nama User\AppData\Local\virtualstore\Program Files (x86)\djp\eSPT 1771 2010\Database  untuk windows 64 bit atau di C:\Users\Nama User\AppData\Local\virtualstore\Program Files\djp\eSPT 1771 2010\Database untuk windows 32bit.
Dengan Nama User sesuai dengan nama komputer yang rekan gunakan. 

atau bisa juga dengan cara:

ketik run pada menu pencarian windows lalu tekan enter
pilih salah satu kode dibawah ini sesuai dengan bit windows lalu paste kode dibawah ini kedalam kotak run lalu tekan enter

"%localappdata%\virtualstore\program files\djp\"
"%localappdata%\virtualstore\program files (x86)\djp\"


contoh cara menjalankan command run pada windows 7


Solusi CSV dan Database ESPT Badan Kosong atau Tidak Terbaca Ketika Di Export