Solusi PPh Final Tidak Muncul di ESPT PPh Badan

PPh Final seharusnya ditulis dan dijumlahkan di lampiran IV formulir SPT Tahunan PPh Badan 1771 bagian A. Namun bagi beberapa kasus pengguna aplikasi ESPT Tahunan PPh Badan, pph final PP46 yang dimasukkan tidak muncul padahal sudah dimasukkan ke nomor 14 untuk jenis penghasilan lain-lain. Berikut adalah solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi PPh Final tidak muncul di espt tahunan PPh Badan.

PPh Final terutang tidak muncul

Solusi PPh Final Tidak Muncul di ESPT PPh Badan

Penyebab:

Yang paling sering kami temui bahwa penyebab PPh Finalt tersebut tidak muncul adalah akibat instalasi aplikasi espt tahunan badan yang tidak sempurna. Perlu diketahui bahwa installer espt badan saat ini terdiri dari 3 (tiga) bagian. Biasanya banyak rekan yang hanya melakukan instalasi espt menggunakan instalasi terakhir saja (eSPT Tahunan PPh Badan 2010  versi 1.2).

Solusi:

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, aplikasi espt pph badan perlu diinstal secara berurutan mengunakan versi 1 terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan install update.

Dibawah ini kami telah menyediakan installer versi lengkap. Cara installnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan instalasi program yang telah kami rename menjadi angka 1 s.d. 3. Instalasi dimulai dengan menginstal program 1, setelah selesai lanjutkan dengan nomor 2, lalu terakhir install nomor 3.
File installer espt PPh Badan

Download installer ESPT Badan


Bagaimana bagi rekan yang sudah terlanjur mengisi SPT Tahunan dan isiannya juga banyak. Tentu akan cukup merepotkan apabila harus mengisi ulang SPT Tahunan Badan tersebut.

Untuk jaga-jaga, sebaiknya rekan melakukan backup database terlebih dahulu. Lokasi penyimpanan database terletak di C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010\Database. Copy database ke tempat lain terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi ulang. Setelah instalasi ulang selesai dilakukan baru kemudian database tersebut dikembalikan lagi ke folder semula.

Apabila kesulitan dalam memindahkan database, rekan bisa coba mengikuti cara di bawah ini

Cara Menambah Database ESPT PPh Badan


Solusi PPh Final Tidak Muncul di ESPT PPh Badan